Tips Menyusun Rencana Kuliah

Posting Komentar


Tips Menyusun Rencana Kuliah - Selamat buat yang kamu akhirnya lolos perguruan tinggi yang diimpikan. Perjuangan belajar siang dan malam, perjuangan ikhiar dan terus berdoa, perjuangan lari ke sana-kemari untuk mencari ilmu lebih lagi. Akhirnya didapatkan dengan kabar kesuksessan, bahwa kamu lolos.


Tips Menyusun Rencana Kuliah
 Tips Menyusun Rencana Kuliah


 

Maka, persiapkan diri untuk belajar dengan sungguh-sungguh ya? Kapan lagi kesempatan belajar kamu dapatkan, dan didukung dengan materi orang tua yang mumpuni. Merke pasti akan mengusahakan agar kamu bisa belajar dengan baik, sampai dengan lulus kuliah. Jadi tugas yang harus kamu persiapkan adalah, belajar dengan sungguh-sungguh dan buat orangtuamu bangga dengan nilai IPK yang tinggi. 

Nah, agar rencana kuliahmu tidak berantakan. Yuk buat dan susun rencana kuliah dengan strategi yang bagus, agar tidak keteteran.

 

6 Tips Menyusun Rencana Kuliah

 

Menetapkan tujuan jelas

 

Dengan memiliki motivasi, dan target ke depannya kelak mau menjadi seperti apa insyaAllah kamu akan bisa meraih apa yang diinginkan. Misalnya ingin memiliki target IPK tertentu, maka dukung dengan usaha belajar yang keras. Atau ingin bisa aktif terlibat dalam organisasi yang diadakan kampus, untuk menambah pengalaman dan ilmu maka lakukan jangan setengah-setengah.

 

Berikan tujuan jelas dalam setiap apa yang dikerjakan, bisa misalnya ingin menyelesaikan kuliah dengan secepatnya, maka kamu harus belajar lebih giat lagi daripada mahasiswa lain. Kerjakan soal-soal atau tugas kampus dengan segera dan tidak menunda.

 

Membuat rencana semester dan jadwal studi yang tersusun

 

Tanpa sebuah rencana atau jadwal, apa yang kita persiapkan jadi tidak tentu arah. Berbeda dengan jadwal yang sudah kita susun rapi dan terstruktur, pasti hari ini atau hari besok mengerjakan apa jadi tidak perlu khawatir. Setiap hari menjadi produktif, dan tahu hasil akhir apa yang harus dicapai jika kamu sedikit lebih keras.

 

Memprioritaskan tugas dan aktivitas

 

Sebagai seorang mahasiswa tugasnya adalah belajar, memaksimalkan dalam segala hal soal pembelajaran agar mendapatkan nilai yang baik. Maka abaikan hal-hal yang tidak penting atau dahulukan yang sudah mendekati deadline, atau tugas tersulitnya. Sebelum datang waktu untuk bersenang-senang. Jadi pas waktu liburan jadi menyenangkan bisa santai, tidak terpikirkan untuk segera  pulang dan menyelesaikan kerjaan. Kayak liburannya jadi terburu-buru.

 

Menyediakan waktu istirahat

 

Belajar dan belajar terus tentunya kadang akan merasakan kejenuhan. Maka sediakan waktu luang seminggu satu kali untuk beristirahat atau melakukan liburan. Bisa juga selingi belajar dengan melakukan hobi, misalnya waktu santai tidak ada tugas bisa menikmati hobi menonton. Atau lakukan olahraga tipis-tipis, agar badan tetap bugar.

 

Memanfaatkan apa yang disediakan kampus

 

Jadi begini, misalnya ada tugas mendadak dan kamu butuh ruang? Eh ... ada ruang untuk mahasiswa yang bisa dipakai untuk belajar, jadi bisa deh pakai ruangan tersebut. Atau juga di kampus ada yang namanya dosen pembimbing, maka manfaatkan untuk menggali ilmu lebih dalam kepada dosen tersebut. Ada perpustakaan yang penuh dengan buku-buku, gunakan juga untuk reverensi dalam mengerjakan tugas.

 

Membangun relasi lebih banyak

 

Sudah memiliki teman sekelas di kampus, buat apa lagi mencari teman ya kan? Eits ... justru membangun pertemanan yang lebih luas, bagus dalam mendukung proses belajarmu. Jalinlah hubungan pertemanan dengan dosen, dengan mahasiswa  lain, dengan senior dan bisa juga bergabung dengan organisasi mahasiswa. Karena siapa tahu peluang pekerjaan ke depan berawal dari sini ya kan? Kalau kamu butuh referensi dalam mengerjakan skripsi apalagi ya kan?

 

Yang kuliah dibidang farmai nih, bisa bergabung dengan pafikotasleman.org, pafi adalah perkumpulan ahli farmasi Indonesia. Siapa tahu banyak teman terhubung ya kan?

 

Related Posts

Posting Komentar