Strategi Efektif Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Posting Komentar


Strategi Efektif Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat - Saya mau cerita, waktu mau mengerjakan skripsi dan sudah mendapatkan judul. Ada pemberitahuan dari kampus, bahwa skripsi yang dikerjakan harus membayar, otomatis saya tidak mau kenapa harus membayar? Yang ternyata nantinya saya tidak perlu mengerjakan, pihak sana yang akan membuatkan. Padahal saya semangat banget untuk mengerjakan skripsi sampai selesai.


Strategi Efektif Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat
Strategi Efektif Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat


 

Akhirnya karena tidak memiliki dana yang diminta, saya mundur tidak melanjutkan kuliah. Dan beberapa tahun kemudian saya dihubungi pihak kamus, bahwa oknum-oknum yang memintai dana ilegal sudah ditangkap. Saya berhak melanjutkan lagi kuliah dan disuruh datang ke kampus. Tetapi karena saya sudah pindah kota lebih jauh, dan sudah menikah akhirnya saya belum jadi-jadi datang ke kampus. Hiks, impian untuk bisa membanggakan orang tua dan mendapatkan gelar sarjana hanya jadi mimpi. Tetapi semoga saya bisa kuliah lagi aamiin. Doakan ya teman-teman.

 

Buat kamu yang sedang dan akan mengerjakan skirpsi, saya punya tips nih biar skripsi kamu selesai dengan cepat. Baca sampai selesai di bawah ini ya?

 

 

3 Strategi Efektif Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

 

 

Memahami metode dalam mengerjakan skripsi versimu

 

Jadi setiap orang punya metode masing-masing dalam mengerjakan sebuah skripsi. Sama sih seperti kalian mengerjakan tugas kampus, kalian pasti memiliki cir-ciri unik tersendiri. Misalna belajar di tempat sepi akan cepat masuk pelajarannya, dan tugas juga bisa terselesaikan dengan baik. Tetapi ada juga belajar di tempat ramai justru bisa mendatangkan ide. Maka penting untuk mengetahui dan memahami apa kebutuhan kamu dalam belajar.

 

Ada dosen pembimbing masing-masing ya kan? Kenapa tidak memanfaatkan dosen pembimbing dalam memberikan wawasan baru ya kan? Dekati dosen pembimbingmu, dan minta bantuan untuk bisa segera menyelesaikan skripsi, minta kiat-kiat begitu. Jadi InyaAllah akan dilancarkan prosesnya aamiin.

 

Menentukan waktu yang tepat

 

Skripsi memang tugas kampus, tetapi skripsi adalah tugas akhir yang membutuhkan ketelitian tajam dan keseriusan besar. Maka jangan setengah-setengah dalam emngerjakannya, dan biar selesai tepat waktu maka tentukan waktu yang tepat dalam mengerjakan.

 

Skripsi membutuhkan waktu yang panjang, ada yang perlu diteliti, direncanakan, ditulis dan revisi. Biar makin moncer benar-benar dilakukan penelitian dan survey tanpa terburu-buru. Ya, biar nggak berkali-kali harus revisi ya kan? Capek ketemu dosen, capek menemukan waktu yang pas untuk bertemu beliau ya kan?

 

Maka manfaatkan dengan benar arasan dari dosen pembimbingmu, agar skripsi kamu makin sempurna. Minta juga bantuan dari teman seangkatan, atau senior yang sudah selesai dahulu dalam mengerjakan skripsi. Diskusi juga diperlukan lho dalam mengerjakan skripsi, karena pasti banyak update-update ilmu baru.

 

 

Pentingnya membangun strategi efektif

 

Skripsi adalah tugas akhir yang akan menjamin kelulusanmu, maka kerjakan dengan sebaik-baiknya dan pahami betul ilmunya. Ketika sidang pasti akan ditanyakan seberapa jauh kamu mendalami tugas apa ang kamu tulis tersebut. Yuk lakukan strategi dengan tegas dan fokus.

 

  • Ya, kamu harus fokus membuat rencana kerja dan rencana tugas yang terstruktur.
  • Identifikasi bagian tugas skripsi mana yang mebutuhkan penelitian lebih dalam, dan usaha lebih keras dibanding yang lain
  • Bgi waktu khusus dalam mengerjakan skripsi, jangan justru dikesampingkan, oke?
  • Sesi konsultasi adalah hal terpenting yang harus diikuti dan minta saran kepada dosen pembimbingmu
  • Istirahat yang cukup ini juga penting banget untukmu, supaya tidak kecapekan dan tugas bisa maksimal.

 

Kalau kamu kuliah di jurusan farmasi, tidak ada salahnya ikutan dengan komunitas yang sudah ada dan minta bantuan untuk berdikusi soal tugasmu. Kamu bisa bergabung dengan pafipulaupramuka.org, yang ada di daerahmu tersebut.

 

Related Posts

Posting Komentar